Minggu, 21 Desember 2014

Hidup yang bermakna dan bermanfaat


Semua manusia yang hidup menginginkan agar hidupnya bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. Namun untuk dapat menjadikan hidup bermakna dan bermanfaat bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Menjadikan diri bermakna dan bermanfaat bagi orang lain berarti meberikan diri kepada orang lain. Namun memberikan diri yang dimaksud bukan dengan memberikan diri secara langsung. Namun dapat kita lakukan dengan melakukan sesuatu hal yang mempunyai nilai bagi orang lain, yang mampu meringankan kesulitan-kesulitan orang lain.
Banyak di antara kita yang bingung akan apa yang harus dilakukannya agar dapat menajdikan hidupnya bermanfaat bagi orang lain. Menjadikan hidup kita bermakna dan bermanfaat bagi orang lain bukan harus dimulai dengan melakukan hal yang besar melainkan dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Karena sesungguhnya bermakna atau bermanfaat tidaknya suatu bantuan yang kita berikan harus seuai dengan apa yang dibutuhkan oleh orang yang dibantu pada saat tertentu tersebut. berikut ini beberapa hal yang arus dipahami dan dilakukan agar hidup dapat menjadi bermakna dan bermanfaat bagi orang lain.
*      Menjadikan diri mempunyai peran
Setiap orang yang hidup tentu mempunyai peran. Entah dalam melakukan tugas dan tanggung jawab pekerjaannya. Semua peran itu juga telah memberikan makna dan manfaan bagi orang lain. Namun yang saat ini dimaksud menjadikan diri mempunyai peran ialah selalu ikut mengambil bagian dalam suatu kegiatan . Peran-peran itu digunakan dalam membangun suatu kebersamaan dengan seluruh sesame manusia. Dengan keberadaan kita yang ikut mengambil peran dalam melakukan suatu kegiatan menjadikan kita bermakna dan bermanfaat bagi orang lain yang ada disekitar kita khususnya sesama manusia.
*      Menerima diri
Sebagai seorang manusia yang adalah mkahluk ciptaan Tuhan sudah seharusnya kita mensyukuri segala sesuatu yang ada dan segala sesuatu yang diberikan bagi diri kita. Ucapan syukur yang dapat secara nyata  dilakukan adalah dengan membegikan sebagaian dari apa yang kita miliki dengan orang-orang yang sedang mengalami kesusahan. Misalnya dengan menyantuni anak panti asuhan atau dengan membantu orang yang sedang terkena bencana.
*      Usaha dan kerja keras
Pengakuan orang lain akan keberadaan diri kita adalah sesuatu yang sangat berharga dan segala sesutu yang berharga itu membutuhkan keja keras dan usaha untuk mendapatkannya. Karena untuk mendapatkan pengakuan dan menciptakan perasaan bahwa hidup kita bermanfaat dalam hati orang lain itu bukanlah perkara mudah. Kita harus selalu bersikap siap membantu dan melayani sesama dengan baik. Membutuhkan keikhlasan dan ketulusan hati yang benar benar mempunyai niat yang baik.  
Demikian tiga hal yang sanga sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjadikan hidup kita bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar